Program Promoter, Ditlantas Polda Banten Implementasi Bentuk Kegiatan Road Safety.

Program Promoter, Ditlantas Polda Banten Implementasi Bentuk Kegiatan Road Safety.

0 58

DetikBantencom, SERANG – Guna Mewujudkan keselamatan di jalan raya bukanlah sebuah hal yang mudah. Oleh karena itu, pihaknya akan terus mempersiapkan diri dengan memperkuat sistem informasi kecelakaan melalui Integrated Road Safety Management System (IRSMS).

Hal tersebut disampaikan Dirlantas Polda Banten Kombes Pol. Tri  Juliyanto Djatiutomo, usai acara
syukuran peringatan hari lalu lintas bhayangkara ke 63 tahun 2018, di Aula Gedung Serbaguna Mapolda Banten, Jum’at (28/9/18).

Ia menjelaskan, kegiatan bentuk sosialisasi kepada masyarakat supaya tertib berlalu lintas, salah satunya program nasional yaitu program transportasi sehat merakyat salah satu program keselamatan.

“Kita mengajak kepada masyarakat dan instansi juga menggerolakan, sehingga masyarakat yang belum cukup umur, diharapkan untuk masyarakat beralih menggunakan sepeda biasa,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan Tri,  pihaknya memasang didaerah rawan laka memasang rambu-rambu daerah rawan laka dan termasuk juga melakukan kegiatan-kegiatan patroli didaerah kemacetan.

“Intinya untuk mengurangi kemacetan lalu lintas, berkaitan dengan faktor penyebab jalan, rambu yang kurang. Kita lakukan dengan cara manual, dengan manusia, kita tempatkan setiap pagi, sore untuk mengurangi kemacetan,” jelasnya.

Jumlah kecelakaan pada tahun 2016 dan 2017 sudah menurun, lanjut Tri, ini merupakan bentuk sinergi antara pihak kepolisian dan instansi terkait sehingga bisa menurunkan jumlah kecelakaan.

“Sebenarnya ini masih kurang targetnya, harusnya 50 persen minimal bisa menurunkan, kita terus berupaya untuk bisa men Zero kan korbannya, ini suatu hal yang mungkin kita perlu lakukan langkah-langkah yang lebih maksimal lagi,” paparnya.

Sementara itu, Wakapolda Banten Kombes Pol. Tomex Koerniawan menuturkan, di era digital dan perkembangan yang begitu pesat dibidang teknologi dan informasi, sejalan dengan yang dicanangkan oleh Presiden RI pembenahan dalam sentra-sentra pelayanan publik. Juga berkaitan dengan penegakan hukum, program prioritas Kapolri dalam membangun Polri yang profesional, modern, terpercaya (Promoter) dibidang lalu lintas dengan membangun program road safety zero accident, smart SIM, dan LAKA online.

“Hal ini dilakukan untuk memudahkan Polri dalam mendata jumlah Laka dan melakukan analisa dalam membuat pola penanganan serta memudahkan bagi masyarakat dalam mencari informasi terkait kejadian Laka Lantas,” pungkasnya. (Aden)

NO COMMENTS

Leave a Reply