Program Keserasian Sosial Kemensos RI, Ciptakan Rasa Gotong Rotong

Program Keserasian Sosial Kemensos RI, Ciptakan Rasa Gotong Rotong

0 79

DetikBantencom, Kota Serang – Program Keserasian Sosial salah satu program Kementrian Sosial (Kemensos) RI dalam penanganan masalah konflik sosial, dengan memberikan bantuan melalui Forum Keserasian Sosial Tinggar Mandiri dengan membangun jalan gang paving blok tepatnya di kampung Cidadap Pengasinan, Kelurahan Tinggar, Curug Kota Serang.

Dalam pelaksanaan Program keserasian Sosial, yang di selenggarakan Mulai bulan September lalu, diawali dengan musyawarah atau saresehan Rembug warga . Kegiatan tersebut di Buka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kota Serang H. Syamsuri S,Sos. Yang dihadiri Kepala Kelurahan Tinggar H. Bo’an, Relawan Sosial, Muspika Kecamatan Curug dan Ketua tagana Kota Serang IIM Abu Salim.

Warga Kampung Cidadap, Kelurahan Tinggar Curug, saat Sedang Gotong Royong Memasang Paving Blok.

“Bentuk kegiatan keserasian sosial berupa kegiatan fisik maupun non fisik dengan melibatkan unsur masyarakat. Dengan tujuan mengangkat rasa gotong royong di lingkungannya,” ujar pendamping Keserasian Sosial Dinas Sosial Kota Serang Ari Sugira, ditemui di kantornya, Kamis (28/09/2018).

Ia mengatakan, bantuan yang di berikan oleh Kementrian Sosial RI, di Kota Serang ada tiga kelurahan, yakni di kelurahan Tinggar Curug, Walantaka dan Dalung.

“Ada 3 kelurahan di Kota Serang yang dapat bantuan Program Keserasian Sosial dari Kementerian Sosial RI , yakni di Kelurahan Tinggar curug pembuatan jalan paving blok, di Walantaka pembuatan lapangan bulutangkis dan di Dalung pembuatan lapangan serba guna,” terangnya.

Ketua Forum Keserasian Sosial Tinggar Mandiri, Sade menjelaskan, dengan adanya bantuan program keserasian sosial dari Kementrian Sosial RI, menangani konflik di tengah masyarakat, menyasar untuk antusias pemuda dalam bentuk gotong royong.

“Melalui program ini, tanpa ada biaya tenaga kerja, masyarakat antusias bekerja gotong royong saling bahu membahu melakukan swadaya, berupa tenaga dan materi,” bebernya.

Ia berharap dengan adanya bantuan program keserasian sosial dari kementerian sosial, mudah-mudahan masyarakat yang biasa terjadi konflik menjadi bersatu.

“Saya berharap masyarakat bisa bersatu. Gotong royong yang tadinya hilang sekarang bangkit lagi, terbukti melalui program ini, masyarakat bersama-sama bergotong royong,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua RT Kampung Cidadap Kelurahan Tinggar H. Hadi mengucapkan terima kasih kepada kementrian sosial RI dan semua pihak yang telah membantu, sehingga dapat terlaksana pembangunan jalan paving Blok di Lingkungan kami.

“Saya ucapkan terimakasih, dengan program keserasian Sosial Dari Kementerian sosial RI, dapat menjalin persatuan dalam gotong royong antar masyarakat, yang tadinya jalan tanah, Kalo Hujan Becek, dan Kalo Panas Berdebu, sekarang sudah di pasang paving blok,” jelasnya. (Aden)

NO COMMENTS

Leave a Reply