Pasangan Tertular HIV AIDS, Ini Cara Agar Tak Tertular

Pasangan Tertular HIV AIDS, Ini Cara Agar Tak Tertular

0 6

DetikBantencom, – Karena bukan obat bebas yang dapat dibeli di toko atau apotek, PrEP hanya bisa diperoleh setelah berkonsultasi dengan dokter dan pengambilannya pun menggunakan resep dokter.

Lebih lanjut, di Indonesia, tak semua fasilitas kesehatan menyediakan layanan ini. PrEP bisa didapatkan di rumah sakit dan klinik yang menyediakan layanan pengobatan HIV AIDS.

Sebelum mulai memberikan PrEP, dokter terlebih dahulu akan memeriksa dan memastikan status HIV dengan menganjurkan pemeriksaan anti HIV. Jika seseorang memiliki hasil pemeriksaan anti HIV negatif tetapi pasangannya HIV positif, barulah dokter akan memberikan PrEP.

Selanjutnya, untuk memantau efektivitas pencegahan HIV, orang yang mengonsumsi PrEP akan diminta dokter untuk melakukan kontrol setiap tiga bulan sekali. Pada saat kontrol juga akan selalu dilakukan pemeriksaan anti HIV.

– Tindakan pencegahan lain yang perlu dilakukan

Mengonsumsi PrEP saja tidak bisa menjamin seseorang untuk bisa terbebas dari risiko tertular HIV. Ada beberapa hal lain yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Menggunakan kondom saat berhubungan seksual

Kondom bukan hanya bermanfaat sebagai kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, melainkan juga berguna untuk menurunkan penularan HIV melalui hubungan seksual.

Studi membuktikan bahwa mengkonsumsi PrEP dan menggunakan kondom saat melakukan hubungan intim jauh lebih efektif dalam mencegah HIV dibandingkan mengkonsumsi PrEP saja.

2. Pasangan yang mengalami HIV harus berobat dengan teratur

Usaha untuk mencegah HIV harus datang dari kedua belah pihak. Sang penderita HIV positif juga harus menjalani pengobatan dengan teratur agar jumlah virus HIV dalam tubuhnya bisa semakin berkurang dan serendah mungkin. Jika jumlah virus HIV rendah, maka risiko penularan HIV pada pasangan juga akan berkurang.

3. PrEP harus dikonsumsi teratur setiap hari

Tantangan dalam mengonsumsi PrEP adalah konsistensi dalam mengonsumsinya setiap hari. Sebagian orang merasakan kesulitan dalam melakukannya. Namun agar pencegahan HIVnya efektif, tak ada pilihan lain. PrEp harus diminum setiap hari. Bila perlu, atur alarm setiap hari sebagai pengingat waktu minum obat.

4. Hindari hubungan intim yang berisiko menimbulkan luka

Luka berdarah saat berhubungan intim dapat meningkatkan risiko penularan HIV. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari aktivitas seksual yang berisiko menimbulkan cedera atau luka.

5. Konsultasikan dengan dokter bila berencana untuk hamil

Penderita HIV juga berhak memiliki anak, layaknya orang sehat. Agar nantinya anggota keluarga terbebas dari risiko tertular HIV, rencanakan kehamilan dengan baik.  Berkonsultasilah dengan dokter mengenai kapan saat yang tepat untuk bisa hamil.

Selain itu, pada umumnya, dokter juga akan menerapkan program PMTCT (Prevention Mother to Child Transmission) pada calon ibu untuk menghindari penularan virus pada anak.

Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia, ketahui status HIV Anda dan pasangan dengan melakukan pemeriksaan anti HIV segera. Jika pasangan ternyata terinfeksi HIV, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan PrEP. Sehingga, Anda pun tak ikut tertular. (red)

NO COMMENTS

Leave a Reply