Dinas Pertanian Banten Gelar Lomba Festival Durian Banten

Dinas Pertanian Banten Gelar Lomba Festival Durian Banten

0 19

DetikBantencom, SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Pertanian Provinsi Banten menggelar Lomba Cipta Karya Durian Festival Durian Banten ke 4 di Hutan Kota, Samping Makodim 0602 Serang, Kota Serang, Selasa (12/2/2019).

Sebanyak 2 ribu buah durian disuguhkan untuk masyarakat, mereka sangat antusias mengikuti makan durian secara gratis.

Kepala Dinas Pertanian Banten Agus Tauhid mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi di awal tahun ini masa panen raya buah eksotis dengan diadakan lomba cipta karya festival durian banten. Yang Sebelumnya festival durian Banten sudah diadakan di Lebak dan Pandeglang.

“Ini hari suka cita petani durian di Banten, kita ingin juga secara level tingkat provinsi kami mengadakan lomba cipta karya festival durian Banten ikuti 70 peserta asli durian Banten. Untuk juara nya akan kami seleksi ke tingkat nasional,” ujarnya.

Ia menjelaskan, harga durian paling murah di tingkat petani berkisar Rp. 20 ribu sampai Rp 50 ribu. Ini menunjukan kelas yang begitu bagus.

“Catatan dari BPS nilai tukar Petani Durian di holtikultura pada bulan Januari ada peningkatan yang cukup signifikan. Kami berikan bantuan bibit durian secara gratis kepada para petani, berharap agar petani kedepan bisa menyelamatkan pohon duriannya,” jelasnya.

Ditempat yang Ketua Yayasan Durian Indonesia Adi Gunadi menyampaikan, festival durian banten merupakan salah satu inisiasi yang baik yang bisa mengumpulkan pedagang durian di banten.

“Tadi kita cek sama-sama ada pedagang ada pedagang dari Lebak, Pandeglang, Cilowong, dan banyak lagi,” paparnya.

Provinsi banten seharusnya menjadi sentra durian kembali, tetapi pada saat ini kualitasnya masih kurang memuaskan, hanya ada beberpa kebun dan pemilik pohon durian yang kualitas nya cukup baik

“Kita menyarankan, industri durian ini punya potensi ekonomi yang paling besar, karena harganya cukup stabil. Harusnya provinsi mulai menyarankan menanam pohon durian yang berkualitas, sehingga durian yang benar- benar diterima oleh pasar,” pungkasnya.(Aden)

NO COMMENTS

Leave a Reply