Bawaslu Cilegon Razia APK di Angkutan Umum

Bawaslu Cilegon Razia APK di Angkutan Umum

    0 44

    DetikBantencom, Kota Cilegon – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cilegon melakukan giat penertiban One Way yang terpasang pada kendaraan roda empat dalam hal ini Bawaslu bekerja sama dengan KPU Kota Cilegon, Satpol PP, Dishub, TNI, Kepolisian dan Panwascam Kota Cilegon yang berlokasi di perempatan Krakatau Junction, Selasa (5/3)

    Ketua Bawaslu Kota Cilegon,  Siswandi mengatakan berdasarkan UUD No 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum , peraturan KPU No. 23 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum dan dan peraturan bawaslu RI No. 28 tahun 2018 tentang pengawasan kampanye pemilihan umum. Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk melakukan penertiban sesuai UUD tersebut.

    “Kegiatan ini merupakan satu di antara rangkaian kegiatan pengawasan kami pada masa kampanye. Kali ini sasaran penertiban kita yakni APK di mobil angkutan umum,” kata Siswandi, Selasa (5/3).

    Ia menjelaskan bahwa sasaran lokasi razia kali ini hanya satu lokasi. Kedepannya akan dilakukan di sejumlah terminal yang ada di Kota Cilegon.

    “Dari razia di lapangan memang ada kita temukan kendaraan umum yang memasang APK baik untuk Pilpres maupun Pileg. Bentuk APK seperti stiker dan lainnya,” kata dia.

    Ia menyebutkan ada dua jenis kendaraan yang dilarang untuk pemasangan APK yaitu angkutan umum dan mobil pemerintah.

    “Saat ini petugas belum menemukan APK pada mobil pemerintah. Kalau angkutan umum sudah ada,” papar dia.

    Ia menjelaskan bahwa pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dan sosialisasi dengan Organda.

    “Untuk menindaklanjutinya koordinasi dan sosialisasi, oleh karena itu hari ini kita melakukan razia. Setiap APK yang ditemukan dilepaskan oleh Bawaslu atau pun yang punya kendaraan. Sementara itu untuk hari esok atau lusa mungkin tim kita dari Bawaslu kecamatan dan Bawaslu kelurahan yang akan menelusuri kegiatan selanjutnya,” kata dia.

    Dalam razia yang digelar sekitar pukul 14.30 WIB tersebut berjalan lancar tanpa ada perlawanan dari pemilik kendaraan. Bahkan ada sopir angkutan umum secara suka rela melepaskan sendiri stiker yang tertempel di kendaraan. Bawaslu akan terus mengawal proses demokrasi berjalan lancar dan aman. Kepada peserta Pemilu dan masyarakat ia mengimbau untuk bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. (lux)

    NO COMMENTS

    Leave a Reply