Menlu: Tak Ada Kaitan Bebasnya Siti Aisyah dengan Pilpres

Menlu: Tak Ada Kaitan Bebasnya Siti Aisyah dengan Pilpres

0 27
Siti Aisyah saat melakukan konferensi pers di Kementerian Luar Negeri. (Foto/kumparan)

DetikBantencom, Jakarta – Siti Aisyah resmi bebas dari tuntutan hukuman mati atas pembunuhan Kim Jong Nam, kakak ipar pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Malaysia. Padahal pada April mendatang ia dijadwalkan menjalani persidangan.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan pembebasan Siti Aisyah ini tak ada hubungannya dengan Pilpres 2019 yang juga akan dilaksanakan pada April.

“Saya kira enggak (ada hubungannya dengan Pilpres 2019). Kan kita tidak bisa mempengaruhi di negara lain. Pilpres di Indonesia sedangkan kasusnya di Malaysia,” ujar Retno di Kemlu, Gambir, Jakarta Pusat dilansir Kumparan, Senin (11/3).

Sementara itu, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI), Lalu Muhammad Iqbal yang ikut mendampingi Siti Aisyah selama persidangan mengatakan, keputusan ini adalah inisiatif dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). Bukan merupakan permintaan dari pihak Siti Aisyah ataupun pemerintah Indonesia.

“Sebetulnya hari ini jadwalnya untuk (sidang) Doan (perempuan Vietnam yang ditangkap bersama Siti Aisyah), tapi jaksa yang meminta kepada hakim apakah boleh kami menyampaikan sesuatu terhadap kasus Siti Aisyah. Ini murni insiatif dari jaksa. Bukan dari kita,” ujarnya.

Iqbal mengatakan, dalam setiap persidangan kasus ini selalu dihadiri oleh Siti Aisyah dan Doan Thi Huong. Sehingga, jaksa bisa sewaktu-waktu memberikan informasi seputar perkembangan kasus ini kepada hakim.

“Bahwa Siti Aisyah hadir, prosedurnya begitu. Jadi kalo Doan yang disidang Siti Aisyah hadir. Kalo Siti Aisyah yang disidang Doan juga hadir,” tandas Iqbal.

Siti Aisyah dan Doan tertangkap karena membunuh Kim Jong-nam dengan racun syaraf VX di bandara Kuala Lumpur pada Februari 2017. Namun baik Siti Aisyah dan Doan mengaku hanya diperalat, mengira itu untuk acara televisi.

Pengadilan juga tidak memiliki bukti cukup yang menunjukkan pembunuhan itu dilakukan dengan terencana oleh Siti Aisyah. Sehingga membebaskan Siti Aisyah. Meski demikian, Doan masih mendekam di penjara dan nasibnya masih belum jelas. (Red)

NO COMMENTS

Leave a Reply