Berkat Laporan Warga, Pengedar Uang Palsu Dibekuk Polisi

Berkat Laporan Warga, Pengedar Uang Palsu Dibekuk Polisi

    0 47
    Ilustrasi
    DetikBantencom, Kota Cilegon – Baru dua hari bulan suci Ramadan anggota Polres Cilegon berhasil membekuk kawanan diduga pengedar uang palsu di dekat salah satu bank swasta yang terletak di perumahan Pondok Cilegon Indah (PCI), Kecamatan Cibeber, sekira pukul 09.30 WIB.

    Informasi yang berhasil dihimpun dilapangan, diduga empat pengedar uang palsu tersebut lintas Provinsi, Jawa Dan Sumatera.
    Barang bukti diperkirakan ratusan juta rupiah itu ditemukan di dalam mobil dan sebagian lagi ditemukan disemak-semak. Tersangka melemparkan gepokan uang palsu ke semak-semak saat kepergok polisi.
    Salah satu saksi mata dilokasi, Rafif Ardi Fauzan menceritakan kronologis kejadian semula mencurigai perilaku tersangka saat melakukan aksinya di depan salah satu bank, di Kelurahan Seneja, Kecamatan Jombang. Kemudian mengikuti pergerakannya hingga ke depan bank yang ada di PCI.
    “Saya liat gerak gerik mencurigakan tersangka, kemudian melaporkannya ke pos polisi di PCI. Kemudian anggota polisi yang berjaga langsung merespons dan berhasil membekuk tersangka,” ungkapnya, Selasa (7/5).
    Ia juga menduga para tersangka diduga pengedar uang palsu yang sedang melancarkan aksinya.
    “Tersangka diduga pengedar uang palsu ini beraksi di depan bank dengan modus penukaran uang,” imbuhnya.
    Sementara itu, Kapolsek Cibeber AKP Muljadi mengatakan saat menerima laporan dari warga langsung kita datangi ke lokasi kejadian untuk memastikan laporan tersebut.
    “Kami tangkap empat pelaku yang diduga sindikat uang palsu ini. Awal penangkapan ini, kami terima dari laporan warga yang curiga dengan gerak-gerik pelaku,” kata Kapolsek, Selasa (7/5).
    Mereka beraksi di sekitar bank, dengan modus penukaran uang. Saat ditangkap, para pelaku membuang uang palsu ke semak belukar.
    Ketika di geledah, ditemukan uang pecahan Rp 50 ribu Senilai Rp 12 juta dan mata uang Brazil yang masih dihitung jumlahnya.
    Kini, para pelaku telah dibawah ke Polres Cilegon untuk diperiksa lebih lanjut.
    “Pelaku telah diamankan dan sudah ditangani Satreskrim Polres Cilegon,” jelasnya.
    Hal tersebut dibenarkan Kasat Reskrim Polres Cilegon AKP Dadi  Perdana Putra. Ia mengatakan bahwa empat orang yang diduga mengedarkan uang palsu tersebut sedang dalam pemeriksaan lebih lanjut.
    “Dari anggota Satlantas Polres Cilegon, empat orang diserahkan ke kita berikut ada beberapa mata uang. Kita belum tahu mata uang mana sampai saat ini, empat orang tersangka yang diduga itu sedang melakukan pemeriksaan,” tandasnya. (lux)

     

    NO COMMENTS

    Leave a Reply