Polres Serang Gelar Upacara Hut Bhayangkara ke 73, Bupati Serang Jadi Irup

Polres Serang Gelar Upacara Hut Bhayangkara ke 73, Bupati Serang Jadi Irup

0 50

DetikBantencom, Kab Serang – Kepolisian Resor (Polres) Serang menggelar HUT Bhayangkara Ke-73, Rabu (10/7/2019). Berbeda dengan tahun sebelumnya, HUT Bhayangkara kali ini digelar di Mapolsek Cikande dengan Inspektur Upacara yakni Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, dengan komandan upacara Iptu Shilton.

Upacara Korps Bhayangkara juga diikuti Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, Dandim 0602 Letkol Inf Erwin Agung, Ketua DPRD Serang Muhsinin, Kepala Kejari Serang H Usman, Pengurus Bhayangkari Cabang Serang, Tokoh Masyarakat dan Agama, Organisasi Massa, Pramuka serta Perguruan seni bela diri silat.

Membacakan amanat Presiden RI, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan lima amanatnya yaitu meminta Polri untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis kepada masyarakat.

“Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat,” katanya.

Presiden juga meminta Polri meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat. “Terakhir, perkuat koordinasi dengan TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan dalam sambutannya mengatakan pihaknya sengaja menggelar upacara maupun lomba di luar mako polres karena ingin masyarakat juga ikut memeriahkan HUT Bhayangkara Ke-73. Selain itu, maksud dan tujuannya, meningkatkan silaturahmi serta merupakan bentuk kedekatan nyata dari Polri kepada masyarakat.

“Sesuai dengan Tema HUT ke 73 Bhayangkara yaitu “Dengan Semangat Promoter Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara”, dapat mendekatkan diri kepada masyarakat,” kata Kapolres usai upacara.

Kapolres menuturkan, pihaknya mengharapkan institusi Polri kedepan semakin kuat dan semakin solid serta terus meningkatkan sinergitas dengan TNI, dengan masyarakat untuk mengawal pembangunan, agar tercipta masyarakat yang tentram, adil dan sejahtera.

“Kami berkomitmen terus membenahi diri dan berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kami juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut menjaga kondisi Kabupaten Serang yang aman dan nyaman,” ungkap Kapolres.

Usai melaksanakan upcara, Bupati menyerahkan penghargaan Kapolres Serang kepada Dandim 0602 Serang atas kerjasama dan bantuan dalam mensukseskan pengamanan Pemilu 2019, sehingga terciptanya situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Serang yang aman dan konsusif.

Bupati juga menyerahkan Danramil Cikande Kapten Inf Muji Untung dan Ketua MU Cikande, KH Aan Burhanudin yang dinilai sukses membantu terselenggaranya Pilpres dan Pileg 2019 hingga terciptanya suasana aman, nyaman dan sejuk serta Bripka Sunaya, anggota Bhabinkamtibmas karena dinilai mampu mengembalikan anak hilang kepada keluarganya.

Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan sendiri mendapat kenang-kenangan sebilah golok dari H Ali Nurdin, pimpinan pendekar Banten dari Perkumpulan Panca Buana Tengah Bambu Kuning Serang.

Selain upacara, juga dilaksanakan pesta rakyat dengan digelar berbagai lomba, diantaranya tarik tambang, panjat pinang, balap karung serta makan krupuk diikat. Acara pesta rakyat ini dilaksanakan di lapangan terbuka Cikande Asem, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang. (Aden)

NO COMMENTS

Leave a Reply