IMC Berikan BIMTES, Bagi Calon Peserta PCMB Mandiri

IMC Berikan BIMTES, Bagi Calon Peserta PCMB Mandiri

    0 80

    DetikBantencom, Kota Cilegon – Sebanyak 80 calon mahasiswa baru Universitas Islam Negri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten mengikuti Bimbingan Tes (BIMTES) yang digelar oleh Ikatan Mahasiswa Cilegon (IMC) Kedutaan UIN SMH Banten, yang akan mengikuti jalur Penerimaan Calon Mahasiswa Baru (PCMB) Mandiri.

    Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Creative Center (GCC) Cilegon selama dua hari Sabtu-Minggu (20-21/7), yang diikuti oleh para peserta baik Cilegon maupun luar Cilegon.

    Ketua Pelaksana Nur Azizah mengatakan BIMTES tersebut diikuti sebanyak 80 peserta, yang berasal dari Cilegon dan luar Cilegon.

    “Bimtes yang dilaksanakan ini bukan untuk meluluskan calon mahasiswa yang mengikuti tes PCMB namun ini merupakan ikhtiar yang dilakukan agar disaat mengahadapi ujian lebih mudah menjawab soal,” kata Nur Azizah, Sabtu (20/7).

    Kegiatan ini adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap calon mahasiswa yang akan masuk di Perguruan Tinggi UIN SMH Banten untuk membantu saat testing nantinya. Ia menambahkan bahwa IMC sebagai organisasi eksternal mempunyai andil untuk membantu calon mahasiswa baru. Sesuai dengan moto IMC sendiri yaitu ‘Khoirunnas Anfauhum LInnas’ yang artinya sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk manusia lainnya.

    “Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pengabdian IMC dan sekaligus membantu para calon mahasiswa agar lolos dalam ujian mandiri,” terangnya.

    Selain bimbingan pada kegiatan ini diberikan motivasi kepada para calon mahasiswa untuk mempunyai jiwa optimisme yang tinggi untuk ujian nanti dan tidak putus asa saat setelah pengumuman kelulusan tes.

    “Kali ini kami dari pihak panitia dan pengurus selain membedah soal-soal tahun lalu, kita memberikan motivasi agar mereka lulus dan legowo saat pengumuman tes dan tidak putus asa,” ujar wanita berkerudung ini.

    Ditempat yang sama, Ketua Umum PP IMC Rizki Putra Sandicka mengatakan sangat bangga sekali kepada pengurus IMC Kedutaan UIN SMH Banten, karena bisa mengadakan kegiatan BIMTES ini.

    “Karena notabennya IMC organisasi ke daerahan, namun peka terhadap keadaan sosial yang ada di sekitar. Karena sebelumnya IMC sempat lama tidak mengadakan BIMTES,” terangnya.

    “Alhamdulillah ditahun ini, bisa mengadakan kegiatan BIMTES, semoga untuk kedepannya Bimtes ini bisa diadakan untuk calon mahasiswa yang akan masuk ke seluruh Perguruan Tinggi baik yang di Banten atau diluar Banten. Menjelang akhir kepengurusannya nanti IMC akan mengadakan Program Go To School,” pungkasnya.

    Salah satu pemateri Fauzi Desviandy yang merupakan putra sulung dari tokoh Cilegon Helldy Agustian ini menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang terbilang langka di Cilegon. Ini sangat bermanfaat dalam membantu para calon mahasiswa untuk bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi soal Tes PCMB mandiri.

    “Selain memberikan pemahaman materi, saya juga memberikan motivasi kepada para calon mahasiswa. Bahwa semua orang bisa kuliah, dan kuliah bukan hal yang susah. Dan semoga harapannya kegiatan positif ini bisa berlangsung untuk seterusnya,” katanya.

    Fauzi berpesan bahwa mahasiswa harus punya komitmen karena kasihan kepada orang tua yang sudah mengeluarkan biaya besar kalau kita hanya untuk main-main.

    “Harus punya komitmen pada diri-sendiri, ibaratnya kita dikirim sama orang tua buat kuliah bukan buat senang-senang atau main-main. Karena kasihan orangtua udah mengeluarkan biaya mahal,” terangnya.

    Fauzi menambahakan bahwa jangan hanya bergaul disekitar kampus saja akan tetapi dilingkungan luar pun sangat penting.

    “Nah tapi yang belajar full benar-benar terus pulang juga kurang. Kenapa saya bilang kurang, karena kita juga butuh soft skill bukan hanya hard skill. Hard skill kan memang kompetensi di kelas kita dapet, tapi kalau soft skill kita dapet bergaul dengan lingkungan, berorganisasi, secara pengalaman itu penting buat ngebentuk diri kita sendiri,” jelas lulusan Universitas Padjajaran ini. (lux)

    NO COMMENTS

    Leave a Reply