LP Cilegon Terima Hibah 1000 Buku

LP Cilegon Terima Hibah 1000 Buku

    0 94

    DetikBantencom, Kota Cilegon – Perpustakaan Nasional melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Cilegon mengibahkan sebanyak 1000 exsemplar buku dari berbagai macam jenis buku untuk warga binaan yang ada di Lapas Kelas III Cilegon.

    Salah satu perwakilan dari Perpustakaan Nasional, Haridijatno Soetarmo mengatakan, Perpustakaan Nasional memiliki peogram pemberian buku kepada Lapas dan Rutan di Indonesia yang mengajukan usulan permohonan pemberian buku. Dimana, tahun 2019 ini sudah ada sebanyak 63 Lapas dan Rutan di Indonesia telah diberikan bantuan Hibah Buku dari Perpustakaan Nasional.

    “Memang perpustakaan Nasional mempunyai program bantuan buku untuk berbagai kepentingan salah satunya untuk Lapas dan Rutan. Mulai dari lapas kelas 1,2 dan 3 dimana tahun ini ada sebanyak 63 Lapas dan Rutan di seluruh Indonesia yang dikasih bantuan hibah buku dari Aceh sampai ke Papua ada perwakilannya,”kata Soetarmo usai memberikan buku secara simbolis di Lapas Kelas III Cilegon, Kamis, (1/8).

    Menurutnya, bukan hanya Lapas dan Rutan saja yang diberikan bantuan hibah buku. Namun ada juga pesantren-pesantren di Indonesia yang diberikan bantuan hibah buku, yang telah mengusulakn permohonan bantuan pemberian buku kepada Perpustakaan Nasional.

    “Bukan hanya Lapas dan Rutan saja yang diberikan bantuan Juga buku, ada juga Pesantren-Pesantren yang mengusulkan permohonan pemberian buku kepada Perpustakaan Nasional,”ujarnya.

    Adapun lanjut Soetarmo, jenis buku yang dihibahkan tersebut diantaranya adalah jenis buku tekhnologi tepat guna yang dapat di terapkan, buku Motivasi, buku Agama dan buku Humoris agar warga binaan yang ada di Lapas dan rutan tidak merasa jenuh pada saat menjalani hukuman di Lapas.

    “Utamanya buku teknologi tepat guna (TTG) untuk bertanam, untuk keahlian kayu, untuk yang lain. Artinya teknologi tepat guna bisa diterapkan. Terus buku Agama buku Motivasi dan saya dengar juga kemarin diusulkan buku buku Humor. Jadi kepada teman teman warga binaan ini supaya jangan stres terus dia dikasih buku humor,”jelas Soetarmo.

    Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Lapas Kelas III Cilegon Heri Anita Susila mengucapkan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional dan kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Cilegon yang telah mengibahkan bantuan buki untuk warga binaan yang ada di Lapas Kelas III Cilegon.

    “Lapas kelas III Cilegon mengucapkan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional dan kepada kepala Dinas DPAD Kota Cilegon berkaitan dengan pemberian sebanyak 1000 Eksemplar buku untuk warga binaan,” kata Heri.

    Heri berharap, dengan adanya bantuan buku tersebut. Perpustakaan yang ada di Lapas Kelas III Cilegon dapat menjadi lebih baik lagi dan minat baca warga binaan semakin meningkat.

    “Harapan saya dengan bantuan ini, perpustakaan di Lapas Kelas III Cilegon ini dapat berjalan dengan baik, sehingga warga binaan pemasyarakatan dapat menambah Ilmunya dan ke Intelektualanya,” ucap Heri.

    Heri mengaku, pihaknya sangat terbuka dan sangat mendukung setiap kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pembinaan dan kebaikan warga binaan.

    “Kalau kita pihak Lapas, selama itu untuk kebaikan warga binaan dan untuk meningkatkan kemandiriaan warga binaan, saya sebagai Kalapas sangat mendukung dan sangat berharap kalo ada bantuan dari Pemkot maulun dari pihak lainya yang ada di Kota Cilegon,” pungkasnya. (lux)

    NO COMMENTS

    Leave a Reply