Akibat Bakaran Sampah, 2 Ribu Meter  Lahan ilalang Hangus Terbakar 

Akibat Bakaran Sampah, 2 Ribu Meter  Lahan ilalang Hangus Terbakar 

0 55

DetikBantencom, Kota Serang – Akibat bakaran sampah mengakibatkan rumput ilalang yang jaraknya sekitar 20 meter dari pemukiman mengalami kebakaran, pada pukul 12:00 WIB. Minggu (18/8/2019). Hal itu membuat puluhan warga di Komplek Perumahan Puri Serang Hijau mendadak panik, dan berhamburan keluar dari rumah.

Api pun semakin membesar, sehingga puluhan warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Bahkan Ketua RT 04, Iwan Setiawan karena panik, langsung mengumumkan di Speaker Mushola.  Bahwa telah terjadi kebakaran ilalang yang asapnya menggangu pemukiman warga di Perumahan Puri Serang Hijau.

Setelah setengah jam, warga berusaha memadamkan api, pada kejadian kebakaran ilalang pada pukul 12:00 Wib tak membuahkan hasil. Akhirnya pada pukul 12:32 Wib, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Serang tiba di lokasi dengan 1 Unit mobil pompa yang berisikan air sebanyak 3.000 Liter.

Tidak memerlukan waktu lama, api pun padam dengan jangka waktu sekitar 30 menit. Pada pukul 13:12 Wib, kondisi di sekitar perumahan Puri Serang Hijau kembali normal.

Salah satu petugas Damkar Kota Serang, Halili mengatakan, akibat dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun kerugian. Tetapi, kata dia, seluas 2.000 Meter lahan Ilalang hangus terbakar. “Tidak ada korban jiwa mas, maupun kerugian,” ujarnya.

Dikatakan Halili, sementara untuk penyebabnya, adanya bekas dari pembakaran sampah, yang menyebabkan merebet hingga ke ilalang. “Penyebabnnya di perkirakan dari bakaran sampah, hingga merembet ke ilalang,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua RT 04, Iwan Setiawan menghimbau kepada warga untuk tidak membakar sampah sembarangan, terlebih dimusim kemarau. “Saya menghimbau agar warga tidak membuang putung rokok dan sengaja membakar sampah di sekitar ilalang. Karena sedang musim kemarau dan angin kencang, khawatir api malah membesar dan membakar rumah warga,” tutupnya.

Diketahui, petugas pamada kebakaran dari Damkar Kota Serang datang dengan menerjunkan 4 personil timnya. Api yang melalap ilalang ahirnya bisa segera dipadamkan petugas pada pukul 13:12 WIB.(Aden)

NO COMMENTS

Leave a Reply