Pawai Budaya Kota Serang Di Warnai Kemeriahan

Pawai Budaya Kota Serang Di Warnai Kemeriahan

0 193
Peserta Pawai Budaya Memakai Kostum Carnaval

DetikBantencom,  Kota Serang – Ribuan Warga kota Serang tumpah ruah berjejer di pinggir jalan Veteran, Alun-alun kota Serang. Mereka antusias menghadiri pawai budaya kota Serang yang di gelar pemerintah Kota (pemkot) Serang, Kamis (22/8/2019) di Alun-alun Kota Serang.

Pawai budaya kota Serang dimulai sejak pukul 09:00 WIB. Warga Kota Serang sudah memadati berjejer di pinggir jalan. Tidak sedikit warga Kota Serang yang menonton pawai budaya untuk mendokumentasikan, ada yang memotret dan berselfie.

Peserta Pawai Budaya Kota Serang.

Para peserta pawai budaya Kota Serang berpakaian baju adat khas Banten, sunda, Bali Hindu, dan ada pula yang membawa bebegig (salah satu icon serang). Bahkan, iringan lagu musik tradisional dan modern seperti rebana, terbang gede, terompet, piano, dan marchingband mengeringi langkah kaki rombongan orang-orang berpakaian adat dan carnival.

Peserta Pawai Budaya mengenakan Pakaian Adat.

Mereka berjalan kaki di mulai star dari Alun- alun timur kota Serang sampai dengan Alun-alun Kota Serang barat kota Serang dengan menampilkan kebudayaan asli Kota Serang. Seperti, Pencak Silat, Tarian, dan pakai adat yang dinamakan Gerbang Bersayap Kaibon, Kubah Beratap Lima serta Almadan melambangkan kesenian bela diri milik Kota Serang.

Sesampainya rombongan berpakaian adat di Alun-alun Kota Serang, telah di nantikan oleh Pimpinan Daerah yaitu, Walikota Serang dan Wakil Walikota Serang, Syafrudin-Subadri Usuludin.

Dengan mengenakan pakaian batik khas Kota Serang, Syafrudin-Subadri terlihat gagah dan berbudaya. Tampak seperti dua pangeran yang tengah berjuang untuk membangun Kota Serang menjadi lebih cinta dengan budaya daerah.

Wajah gembira dan suasana hangat pagi yang menyinari Pawai Budaya tersebut, tertampak di wajah Syafrudin dan Subadri Usuludin yang mulai memerah. Rombongan adat itupun, satu persatu secara bergantian menampilkan kesenian ciri khas Kota Serang.

Peserta Pawai Budaya saat menampilkan tarian.

Tak ketinggalan, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon maupun Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Serang ikut serta menampilkan pakaian adat khas daerah. Bahkan Diskominfo kota Serang mengajak Persatuan Wartawan Kota Serang (PWKS) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), memberikan kenang-kenangan berupa lukisan wajah dengan bingkai berwarna keemasan kepada pasangan yang memiliki tagland Aje Kendor tersebut, selain itu pula Diskominfo menyajikan penampilan ciamik dengan mengerahkan beberapa dron atau pesawat untuk mendokumentasikan kegiatan dari ketinggian.

Walikota Serang Syafrudin dan Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin saat menerima kenang-kenangan dari PWKS.

Selanjutnya, motif batik Kota Serang seperti, Bedug, Saung Patok, dan Almadan menghiasi rombongan pakaian adat tersebut, sebagai tanda berakhirnya Festival Budaya yang diikuti sekitar 100 rombongan yang terdiri dari OPD di lingkungan Pemkot Serang, SD, SMP, SMA, Perusahaan, PWKS, Organisasi Pencak Silat, dan Masyarakat Kota Serang.(Adv/Kominfo)

NO COMMENTS

Leave a Reply