Polda Banten Tangkap 2 Pelaku Pencurian dan 1 Penadah

Polda Banten Tangkap 2 Pelaku Pencurian dan 1 Penadah

0 82
foto ilustrasi

DetikBantencom, SERANG – Tim Jawara dan Reserse Mobile (Resmob) Polda Banten berhasil menangkap dua pelaku pencurian spesialis rumah warga yang sudah belasan kali. Keduanya ditangkap di dua lokasi berbeda pada Senin (23/9/2019) malam dan Selasa (24/9/2019) dini hari. Kedua tersangka yaitu Santa, 17, dan Muiz, 28, keduanya merupakan warga Desa Sukaraja, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang.

Selain tersangka Santa dan Muiz, petugas juga mengamankan AR, 50, tersangka penadah barang hasil curian. Dari tersangka diamankan barang bukti satu buah handphone, dua obeng serta motor Honda Beat yang digunakan sebagai sarana untuk melakukan kejahatan.

“Dua tersangka merupakan target penangkapan petugas jajaran Polres Serang karena dilaporkan sering melakukan aksi pencurian,” ungkap Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Banten, Kombes Pol Novri Turangga, Selasa (24/9/2019).

Pengungkapan kasus pencurian motor ini, kata Novri, berawal dari laporan masyarakat bahwa tersangka Santa, pelaku pencurian di Kampung Pakem Angsana, Desa/Kecamatan Petir, Kabupaten Serang terlihat nongkrong di sebuah SPBU di Kecamatan Petir. Berbekal dari informasi itu, Tim Resmob dan Jawara Polda Banten segera bergerak ke lokasi tersangka nongkrong.

“Tersangka Santa berhasil kita amankan saat nongkrong di SPBU dan kemudian tersangka berikut motor Honda Beat yang diduga sebagai sarana kejahatan kami bawa ke kantor untuk dimintai keterangan,” terang Dirreskrimum didampingi Kasubdit Jatanras AKBP Asep Sukandarisman.

Dari pengakuan Santa, dirinya bersama Muiz sudah beberapa kali melakukan aksi pencurian di rumah warga. Tersangka Santa pun mengakui motor Honda Beat yang diamankan memang digunakan sebagai sarana kejahatan. Berbekal dari pengakuan Santa inilah tim Resmob dan Jawara mengejar Muiz.

“Tersangka Muiz yang masih bertetangga dengan Santa, kita amankan di rumahnya. Dalam pemeriksaan lanjutan, kedua pencuri spesialis rumsong ini menjual barang hasil kejahatan kepada AR yang kemudian berhasil kami amankan juga,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan, modus kejahatan dua tersangka ini yaitu dengan cara mencongkel jendela. Aksi kejahatan dilakukan dini hari, dikala pemilik rumah sedang tidur maupun tidak berada di rumah. “Untuk penanganan perkara, tersangka berikut barang bukti, kami limpahkan ke penyidik Polsek Petir,” ujar Novri Turangga. (Aden)

NO COMMENTS

Leave a Reply