295 Eselon III dan IV Pejabat Pemkot Serang di Lantik Walikota Serang

295 Eselon III dan IV Pejabat Pemkot Serang di Lantik Walikota Serang

0 156

DetikBantencom,  Kota Serang – Sebanyak 295 orang pejabat golongan eselon III dan IV di lingkungan  Pemerintah Kota (Pemkot)  Serang dilantik dan di ambil sumpah jabatan oleh Walikota Serang.  Pelantikan tersebut berlangsung di Halaman Sekretariat Daerah Kota Serang, KSB, Kota Serang, Jumat (25/10/2019).

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, para pejabat yang dilantik itu, menduduki jabatan sebagai pejabat administator, jabatan pengawas dan fungsional tertentu. Lanjut dia, mutasi dan rotasi pejabat di lingkungan pemerintahan merupakan hal yang biasa. Karena merupakan tuntutan organisasi birokrasi dalam meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Kemudian kata syafrudin, dari hasil open bidding kemarin, banyak kekosongan di eselon III dan IV.

“Mutasi dan promosi jabatan merupakan suatu dinamisasi, proses penyegaran, dan proses penyesuaian kebutuhan personil dalam organisasi birokrasi. Karena dari hasil pelantikan yang lalu, kita evaluasi ada kompetensi yang kurang pas. Jadi dalam pelantikan ini ada rotasi dan mutasi,” katanya.

Menurutnya, struktur organisasi perangkat daerah (OPD) harus diisi oleh orang-orang yang loyal, profesional, dan memiliki kopetensi serta integritas. “Untuk itu diharapkan bagi pejabat struktural dan fungsional yang dilantik hendaknya mampu menjabarkan program secara profesional sesuai dengan kompetensinya. Baik manajerial, teknis maupun sosial kultural,” ucapnya.

Ia menjelaskan, bahwa dari hasil open bidding memang ada yang dilantik, tetapi bukan promosi, hanya rotasi. Adapun yang saat ini dirotasi yakni dari eselon III a sebanyak 14 orang, eselon III b 13 orang. Sementara yang paling banyak dilakukan yakni dari golongan eselon IV a dan IV b, karena mengisi kekosongan di Kelurahan. Syafrudin mengklaim, untuk di Kelurahan saat ini sudah memenuhi standar, dan sudah hampir dilengkapi.

“Kalau camat saya rotasi semua karena posisinya sudah lama, sudah diatas 5 tahun, untuk karir itu gak baik juga kalau bekerja hanya disatu tempat. Jadi rekam jejaknya nanti tidak ada nilai,” katanya.

Syafrudin mengingatkan, jabatan yang diemban para pejabat yang baru dilantik di lingkungan Pemerintah Kota Serang merupakan suatu amanah, dan sebuah bentuk kepercayaan pimpinan. Untuk itu dia menegaskan, agar pejabat yang sudah dilantik dan diambil sumpah jabatannya dapat menjaga kepercayaan pimpinan dan menjalankannya dengan sebenar-benarnya.

Selain itu dia mengaku setelah pelantikan ini, akan melakukan evaluasi kinerja pejabat ditiga bulan atau enam bulan yang akan datang. Hal itu dilakukan agar kinerja pejabat Kota Serang tidak jalan ditempat.

“Saya berharap kepada saudara semua dengan jabatan baru ini, agar dapat meneguhkan niat, menumbuhkan inovasi dan tekad untuk menjadi teladan dalam menjalankan tugas sebagai pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkot Serang dengan sebaik-baiknya,” tegas Syafrudin.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang Ritadi menuturkan, sejak Walikota dan Wakil Walikota Serang dipimpin oleh Syafrudin dan Subadri Ushuludin, pelantikan hasil rotasi dan mutasi pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Serang sudah dilakukan sebanyak lima kali. Hal itu pun telah dilakukan sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku.

“Jadi pelantikan ini merupakan hasil dari rapat pertimbangan kepada pimpinan kepegawaian, yang dalam hal ini pak Walikota,” katanya.

Lanjut dia, hasil pelantikan ini, untuk dikelurahan telah hampir terpenuhi. Harapannya, kedepan untuk tata kelola keuangan di kelurahan dapat berjalan dengan baik. Sementara untuk di kecamatan, terdapat lima camat baru hasil rotasi. Hal itu dilakukan agar adanya penyegaran, dan penambahan wawasan. Karena camat yang sebelumnya telah menjabat lebih lima tahun.

“Ini untuk pengkaderan selanjutnya, karena nanti ketika menduduki jabatan eselon II, sudah mendapatkan jam terbang di eselon III. Seperti menduduki jabatan Camat, Kabid, dan sekretaris. Nah itu akan menambah rekam jejak untuk penilaian ketika mengikuti seleksi open bidding,” ujarnya.(Aden)

NO COMMENTS

Leave a Reply