Kampung Dongeng Diresmikan, Syafrudin : Sebagai Inovasi Baru dan Pemikiran Baru

Kampung Dongeng Diresmikan, Syafrudin : Sebagai Inovasi Baru dan Pemikiran Baru

0 75

DetikBantencom, Kota Serang – Walikota Serang Syafrudin meresmikan Kampung Dongeng di lingkungan Wakaf, Kelurahan Tembong, Kota Serang, Sabtu (23/11/2019).

Kampung dongeng ini pertama kali hadir di Kota Serang. Program ini dibuka secara khusus untuk mengedukasi orang tua dan anak tidak adiktif atau kecanduan gadget.

“Kampung Dongeng merupakan sebagai inovasi baru, dan juga pemikiran baru yang luar biasa yang pertama kali hadir Kota Serang,” kata Syafrudin.

Untuk itu, kata Syafrudin, Atas nama Pemkot Serang, Pihaknya mengpresiasi diresmikannya kampung dongeng. Sebab, keberadaan kampung terebut sangat positif dalam memberi pendidikan anak. “Ini momentum yang sangat luar biasa. Mudah-mudahan bisa dicontoh kampung lain. Ini contoh gerakan baru,” katanya.

Menurut Syafrudin, banyak manfaat dan pelajaran dari dongeng. Selain mencegah anak dari hal-hal negatif, membuat anak lebih dekat dengan orang tua. “Anak yang biasanya main di luar, HP dan sebagainya bisa lebih terarah dengan dongeng. Sebagaimana saya kecil orang tua selalu beri dongeng sebelum tidur,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Kampung Dongeng Kota Serang Neneng Runtase mengatakan, dengan diluncurkannya kampung dongeng di Kota Serang untuk menceriakan anak-anak. “Jadi kita ingin mengalihkan anak agar tidak kecanduan gadget,” jelasnya.

Lebih lanjut Neneng menjelaskan, selain di Kota Serang kampung dongeng juga sudah ada di Kota Cilegon, Tangerang Selatan, dan Balaraja. “Kita (kampung dongeng Kota Serang) sudah berdiri dari Agustus dan sekarang peresmian. Dengan total di Indonesia sudah 150,” ucap Neneng.

Oleh karena itu, kata Neneng, pengaruh gadget sangat besar bagi anak-anak. Salah satunya sosial emosional anak menjadi kurang. Kemudian, anak menjadi egois dan mudah marah. “Dengan adanya kampung anak mereka jadi fun game dan melatih kreativitas anak. Mereka juga bisa bercerita sendiri,” tandasnya.(Aden)

NO COMMENTS

Leave a Reply