Arab Saudi Stop Sementara Calon Jamaah Umroh, Kemenag Banten Himbau Masyarakat Sabar

Arab Saudi Stop Sementara Calon Jamaah Umroh, Kemenag Banten Himbau Masyarakat Sabar

0 114

DetikBantencom, SERANG – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Banten mengimbau kepada calon jemaah umroh untuk bersabar. Hal itu menyusul maklumat yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Kerajaan Arab Saudi yang menghentikan sementara kunjungan warga negara asing (WNA) ke Arab Saudi dalam rangka ibadah umroh dan ziarah Masjid Nabawai.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Banten Bazari Syam meminta semua masyarakat Banten untuk memaklumi kebjakan peemrintah Arab Saudi. Ia mengungkapkan, maklumta yang dikeluarkan bukan melarang namun menghentikan sementara perjalanan ibadah umroh.

“Diharapkan semua masyarakat Banten untuk memaklumi kebijakan pemerintah arab saudi,, bukan dilarang berumroh tetapi untuk sementara dihentikan dulu , tetap bersabar In sya Alloh semuanya untuk kebaikan dan kenyamanan semua orang, Pasti saatnya akan diberikan kesempatan berangkat lagi,” katanya kepada indopos.

Ditanya lebih lanjut mengenai informasi kegagalan keberangkatan umroh dari Banten, Bazari mengaku pihaknya belum mendapatkan laporan dari bawahannya ataupun dari travel yang ada di Banten. “Sampe hari ini kami belum dapat laporan,” ujarny.

Berdasrkan infromasi, Kedutaan Besar Indonesia di Riyadh, Arab Saudi mengeluarkan presss rilis dengan Nomor : 014/PEN/II/2020 terkait maklumat yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi, Kamis (27/2) sekitar pukul 02.40 waktu setempat, menghentikan sementara warga negara asing masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka ibadah Umroh dan ziarah Mesjid Nabawi.

Hal itu dlakukan dalam rangka mendukung upaya menghentikan penyebaran, pengendalian dan pemusnahan virus Corona (COVID-19), serta melakukan perlindungan yang maksimal terhadap keamanan warga negara, penduduk dan siapapun yang berencana datang ke wilayah Kerajaan ArabSaudi untuk melakukan ibadah Umroh dan ziarah Masjid Nabawi, atau kunjungan wisata. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memutuskan melakukan langkah proaktif guna menangkal masuk dan menyebarnya virus Corona (COVID-19) ke wilayah Kerajaan Arab Saudi.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menegaskan bahwa langkah-langkah tersebut diatas adalah sementara, dan penerapannya akan selalu dievaluasi oleh lembaga-lembaga kompeten yang terkait. (tb)

NO COMMENTS

Leave a Reply