Pemerintah Kota Serang Bahas RTRW Tahun 2020-2040

Pemerintah Kota Serang Bahas RTRW Tahun 2020-2040

    0 66

    DetikBanten.com, Serang – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melakukan rapat bersama seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Serang Tahun 2020-2040.┬áSenin (29/6/2020).

    Walikota Serang Syafrudin mengatakan bahwa, kegiatan hari ini pembahasan masalah revisi RTRW yang sudah mendapat persetujuan substansi atas rancangan peraturan Kota Serang tentang rancangan tata ruang wilayah Kota Serang tahun 2020-2040.

    “Jadi perubahan atau revisi RTRW ini perjalanannya cukup panjang dari semenjak baru dilantik hingga sampai saat ini alhamdulilah sudah mendapat persetujuan substansi,” kata Syafrudin.

    Kemudian, revisi ini memperbanyak perumahan dan perkantoran. Lalu, untuk pertanian pihaknya juga tidak ditinggalkan. “Pertanian di daerah Kasemen itu masih ada untuk pertanian sebab pertanian di Kota Serang diperlukan,” ujarnya.

    Sebetulnya tuntutan pertanian di wilayah kota itu sudah tidak ada. Karena, kota harus banyak dari sektor perumahan, industri dan lain sebagainya. Akan tetapi, pertanian juga masih dibutuhkan. “Pertanian di Kota Serang masih sekitar 3,5 ribu hektare masih di Kasemen,” Yang jelas kami mengapresiasi bahwa atas persetujuan substansi dari Kementrian Agraria dan Tata Ruang ini sudah turun 18 Juni 2020, jelasnya.

    Kemudian untuk kawasan industri, kata Syafrudin, akan ditempatkan di Kecamatan Walantaka dan Kasemen. “Diluar dua kecamatan itu akan menjadi kawasan perumahan atau permukiman,” katanya.

    Selanjutnya, Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin menambahkan bahwa, RTRW ini disamping untuk penyesuaian sekaligus penyelarasan RTRW Pusat, Provinsi dan Kota Serang. “Ini bukan keinginan kita, sekaligus untuk pemerataan pembangunan. Kemudian pertumbuhan ekonomi dan investasi. Perubahan juga tidak segnifikan, hanya Kecamatan Kasemen dan Kecamatan Walantaka untuk kawasan industri. Industri ini juga untuk menunjang adanya pembangunan jalan tol Serang-Panimbang. Adanya juga jalan dari Cikeusal menuju KP3B dan untuk menunjang industri dari Kabupaten Serang supaya kita juga ikut,” kata Subadri Ushuludin. (db1)

    NO COMMENTS

    Leave a Reply