Gagal Panen Kena Limbah, Warga Desa Kadubereum Minta Perusahaan Tanggung Jawab

Gagal Panen Kena Limbah, Warga Desa Kadubereum Minta Perusahaan Tanggung Jawab

0 73
Share this

Detikbanten.com, SERANG – Sejumlah masyarakat warga desa Kadubereum, kecamatan Pabuaran, kabupaten Serang mengeluhkan adanya pencemaran limbah yang diduga berasal dari PT Wabin Jayatama Gunung Kupak.

Keluhan tersebut lantaran, lahan kebon milik masyarakat yang di tamani pepohonan tumbuh subur, dalam sekejap mati terkena dampak limbah.

Salah seorang pemilik lahan kebun, Fendi mengakui, bahwasanya lahan tersebut milik 7 orang warga Desa Kadubereum, dan sekarang semua lahan sudah pada mati serta tidak berfungsi.

“Semuanya pada mati. Pohon Duren, Tangkil, Melinjo dan pisang gagal panen,” ungkap Fendi, saat ditemuindi perkebunan miliknya, Desa Kadubereum, Selasa(2/3/2021).

Fendi menjelaskan, dirinya bersama warga hanya meminta kepada pihak perusahaan bertanggung jawab. Ia bersama warga lainnya meminta kompensasi ganti rugi, karena lahan perkebunan sudah tak lagi berfungsi.

“Atuh bisa di lihat sendiri mas, semua pada mati terkena limbah. Ini mah limbah berbahaya, bau lagi, akibatnya merusak tanaman,” jelasnya.

Warga lainnya, Mumu Muslihin menuturkan, lahan kebunan milik orang tuanya pun terkena dampak limbah yang diduga dari PT. Wabin Jayatama, Mumu mengaku ada beberapa pohon terkena dampak limbah.

“Ada beberapa pohon yang mati akibat limbah ini, diantara nya pohon Pete, pohon Jengkol, pohon Melinjo, pohon Pisang kita ingin pihak perusahaan bertanggung jawab,” ucapnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Perkebunan, PT Wabin Jayatama, Ateng menegaskan, pihaknya terlebih dahulu akan mengecek lahan kebon milik warga yang terkena dampak limbah.

“Besok kita cek ulang dahulu kepemilikan lahan kebon milik masyarakat, yang terkena dampak limbah,” tutup Ateng dengan singkat seraya kembali masuk ke dalam perusahaan.

Diketahui PT Wabin Jayatama, Gunung Kupak. Desa Kadubereum, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang. Merupakan salah satu cabang perusahaan dari Japfa Grup.

Perusahaan inipun berkecimpung dalam aktivitas bisnis Pertanian dan Pemasok Perumahan Unggas. (den)

NO COMMENTS

Leave a Reply