Jadi Ketua Dewan Penasehat IPI Banten, Andika Hazrumy Dorong Penguatan Ekonomi Daerah Lewat Pariwisata

  • Bagikan
Share this

SERANG – Tokoh masyarakat Provinsi Banten yang adalah Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, didaulat menjadi Ketua Dewan Penasehat Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Provinsi Banten. Andika berharap pariwisata menjadi salah satu sektor yang dapat memperkuat perekonomian daerah.

Andika mendorong kehadiran IPI Banten dapat dapat membantu formulasi pengembangan pariwisata daerah Banten kepada pemerintah daerah di Banten.

“Sehingga kondisi faktual bahwa pariwisata adalah salah satu tulang punggung ekonomi daerah di Banten yang saya alami saat menjabat dapat kembali bangkit,” kata Andika dalam sambutannya pada acara pelantikan pengurus Dewan Pengurus Daerah IPI Provinsi Banten di Sekretariat DPD IPI Banten, Kota Serang, Kamis (9/6).

Lebih jauh Andika mengulas pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat terpukul oleh pandemi Covid 19 selama hampir 3 tahun terakhir ini. Namun demikian, lanjutnya, patut disyukuri saat ini kondisi pandemi sudah mulai melandai.

Pemprov Banten sendiri, kata Andika, saat dirinya menjabat , bersama dengan pemerintah kabupaten/kota di Banten sudah menggenjot target vaksinasi Covid 19, di mana di sektor pariwisata hal itu juga merupakan prasyarat saat itu agar dapat terus bergeliat. “Terakhir saat ada kebijakan pemerintah pusat untuk membangkitkan perekonomian melalui pariwisata salah satunya, pemda diminta untuk menggenjot vaksinasi,” paparnya.

Diungkapkan Andika, sebelum pandemi angka length of stay wisatawan di Banten berkisar di angka 1,4 hari. Momentum kebangkitan pariwisata pasca pandemi saat ini harus bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan length of stay tersebut menjadi minimal 2 hari. Andika menyebut faktor yang harus mendapatkan fokus untuk dikembangkan terkait itu adalah faktor 3A pariwisata yakni antaranya dengan konsep 3A yakni atraksi, aksesibilitas, dan amenitas. “Kehadiran IPI Banten harus bisa ikut berkontribusi secara signifikan terkait pengembangan 3A ini,” kata Andika.

Sementara itu Ketua Umum IPI I Gede Susila Wisnawa menjelaskan IPI merupakan suatu wadah bagi para pelaku pariwisata untuk saling membantu promosi, bertukar informasi, menggali dan mempopulerkan potensi kearifan budaya lokal agar lebih popular di Indonesia khususnya dan internasional pada umumnya. Hal itu dalam rangka membantu program pemerintah dalam bidang pariwisata, dengan tetap berlandaskan pada aturan UUD 1954.
IPI adalah organisasi nasional uang dikukuhkan dan didirikan di Sidoarjo, Jawa Timur pada hari Selasa tanggal 07 April 2015 dan disahkan melalui SK Kemenkumham RI Nomor AHU AHU- 0001281.AH.01.08.Tahun 2020. “IPI adalah organisasi sosial profesi bidang kepariwisataan yang baru berdiri empat tahun, tapi kami siap berkontribusi untuk pembangunan bangsa dan negara, khususnya industri pariwisata nasinal,” kata Gede.

Untuk diketahui dalam kesempatan tersebut, Gede melantik Boby Hidayat menjadi Ketua DPD IPI Banten.

Penulis: draEditor: Mang Najib
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!