Tenaga Honorer Akan Dihapus 2023, Begini Tanggapan BKPSDM Kota Serang

  • Bagikan
Share this

SERANG – Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) secara resmi telah menyatakan penghapusan pegawai berstatus honorer mulai tahun 2023 mendatang. Namun, pemerintah daerah masih menunggu kelanjutan dari pemberlakuan aturan tersebut.

Kepala BKPSDM Kota Serang, Ritadi mengatakan, terkait adanya wacana penghapusan tenaga honorer itu pihaknya masih belum menerima secara resmi surat edaran dari Pemerintah Pusat.

“Sampai saat ini, kami dari BKPSDM belum menerima satu surat pun yang secara resmi terkait petunjuk teknis (Juknis) ataupun PP, Perpres, Permenpan RB terkait penghapusan tenaga honorer,” katanya, Jum’at (03/06/2022).

Sejauh ini, kata Ritadi, sudah ada banyak tenaga honorer yang menyampaikan kekhawatirannya terkait adanya rencana penghapusan tenaga honorer pada 2023 mendatang.

“Yang datang secara langsung belum ada, tapi kalau kabar-kabar dibawah mungkin sudah ada banyak yang mengkhawatirkan. Ini mungkin PR berat bagi pemerintah kabupaten dan kota seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Dikatakan Ritadi, selama ini keberadaan tenaga honorer masih sangat dibutuhkan terlebih untuk Kota Serang saat ini masih kekurangan pegawai.

“Kalau eksesting kan ada 4.600, cuman kalau idealnya itu diangka 6.000 jadi masih kurangkurang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ritadi menuturkan, terkait apakah para tengaa honorer atau pegawai non ASN yang ada untuk menjadi P3K pihaknya masih menunggu surat edaran dari pemerintah pusat untuk mengetahui kuotanya.

“Ya itu kuota kita diberikan oleh Kemenpan RB nanti berapanya kita lakukan testing. Untuk supaya mendekati ketercukupan ASN kita pengennya nambahnambah,” imbuhnya.

Terakhir, Ritadi menghimbau kepada seluruh tenaga honorer tetap mematuhi aturan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

“Apapun nanti yang sudah menjadi kebijakan dari pemerintah pusat harus kita laksanakan,” pungkasnya

Penulis: UqelEditor: Mang Najib
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!